Selain dipakai menjadi bahan utama membuat pondasi rumah, kayu juga jadi salah satu bahan paling disukai dalam membuat furniture. Hal ini dikarenakan kayu memiliki banyak jenis dengan ciri ciri dan tekstur kayu yang banyak memiliki perbedaan untuk menghasilkan produk yang beragam.

Selain memiliki daya tahan terhadap cuaca yang lumayan baik, kayu juga cocok dipadukan dengan untuk berbagai konsep hunian yang Anda pilih. Walaupun banyak alasan yang mendasari, namun Anda juga perlu mengetahui bagaimana ciri ciri dan juga tekstur kayu yang bisa dimanfaatkan agar bisa cocok dengan konsep yang diterapkan.

Kayu dan interior rumah jadi dua hal yang sangat berkaitan erat. Hal ini karena dengan anda menggunakan furnitur kayu, Anda bisa mendapatkan dekorasi hunian yang tampak lebih mewah dan juga elegan. Seperti meja poker yang bisa di gunakan di situs judi online Lexus365. Namun pastikan jika anda akan memilih perabotan rumah berbahan dasar ayu, kenali dahulu kelebihan jenis kayu tersebut.

Jenis Tekstur Kayu Jati

Kayu jati memiliki tekstur yang dianggap sebagai tekstur paling bagus di antara kayu lainnya yang ada. Karena itulah jangan heran jika banyak orang yang memilih kayu jati menjadi alternatif bahan dasar furniture rumah.

Selain indah, kayu jati juga terkenal kuat terhadap berbagai cuaca, suhu hingga hama seperti rahap. Makanya, jangan heran jika Anda ingin membeli furniture yang memiliki tekstur kayu jati dan harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Jenis Tekstur Kayu Mahoni

Kayu mahoni banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Dari segi tampilannya mahoni punya tone warna merah muda hingga merah kecoklatan. Selain itu, tekstur kayu mahoni juga mudah dipotong, mudah dibentuk dan tidak terlalu keras. Menariknya lagi, kayu mahoni punya masa tanam yang lebih cepat sehingga memiliki harga yang lebih murah.

Jenis Tekstur Kayu Sonokeling

Jenis kayu yang sering banyak digunakan oleh masyarakat selanjutnya adalah sonokeling. Kayu sonokeling punya tekstur kayu yang kuat dan awet sehingga kerap digunakan sebagai bahan dasar konstruksi sebuah bangunan.

Menariknya lagi, sonokeling punya serat yang indah dan dilengkapi dengan warna coklat keunguan. Lebih lanjut, kayu sonokeling juga cukup tahan terhadap hewan seperti serangga dan rayap. Umumnya, pohon sonokeling tumbuh di hutan-hutan yang ada di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah

Jenis Kayu Merbau

Kayu merbau juga jadi salah satu jenis kayu yang sering digunakan sebagai bahan dasar furniture. Alasannya, kayu merbau punya tekstur kayu yang halus dengan warna coklat hingga kemerahan dan memiliki daya tahan terhadap serangga. Selain itu, harganya juga sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan kayu jati.

Jenis Kayu Pinus

Kayu pinus punya tekstur kayu yang halus dengan warna cenderung terang sehingga bisa dipadu padankan menjadi salah satu hiasan di dalam hunian anda. Selain itu, kayu pinus juga kerap dipilih karena harganya tidak terlalu mahal dan ramah di kantong. Namun sayang, kayu memiliki kelemahan karena tidak terlalu tahan dengan suhu, lebih terhadap jamur, dan mudah lapuk. Makanya, kayu pinus tidak cocok digunakan untuk membuat furniture yang diletakan di luar ruangan.

Jenis Kayu Akasia

Kayu akasia disebut-sebut mampu hidup hingga berpuluh puluh tahun lamanya. Kayu akasia juga punya sifat yang tidak mudah retak dan kembang susut yang rendah. Selain itu, kayu yang satu ini tidak terlalu keras sehingga mudah dibentuk.

Jenis Kayu Mindi

Dari segi ketahanan, kayu mindi punya daya tahan yang sama dengan ketahanan kayu mahoni. Meski begitu, kayu mindi dibanderol dengan harga yang lebih murah. Tekstur kayu mindi memiliki serat yang halus, warna coklat keemasan. Namun sayang, kayu jenis ini tidak kuat jika dimakan rayap dan serangga lain pemangsa kayu.

Jenis Kayu Sungkai

Kayu sungkai jadi salah satu jenis kayu yang cukup dikenal masyarakat Indonesia karena sangat memenuhi standar yang digunakan oleh pengrajin furniture. Kayu sungkai punya ciri khas kombinasi kuning dan putih pada warnanya, serta tekstur kayu yang tidak terlalu halus. namun sayang, kekurangan yang dimiliki oleh kayu ini yaitu tingkat kelemahan kayu ini sangat tinggi sehingga sangat rentan retak dan tingkat keawetannya tidak terlalu baik.

Jenis Kayu Ulin

Kayu ulin terkenal karena memiliki tingkat kekerasan yang baik, berat, dan memiliki ketahanan terhadap cuaca. Itu sebabnya, tidak sedikit dari kita yang menggunakan kayu ulin untuk produk olahan furniture outdoor dan exterior seperti Kanopi minimalis dengan kerangka atau atap kayu menjadi salah satu primadona

Itu adalah beberapa jenis kayu yang bisa digunakan untuk membuat sebuah interior dan exterior dalam rumah anda. jika anda memiliki pengalaman, anda bisa membuatnya sendiri dengan bantuan tutorial online.